Oleh:
Khairunnisa Munanto
(Siswi SMAN 3 Timang Gajah)
SMA N 3 Timang Gajah mengadakan kegiatan jurnalistik, yang didampingi oleh guru, diikuti oleh OSIS SMA N 3 Timang Gajah, dan dibuka oleh IKHSAN PURNAMA S.P, selaku kepala sekolah SMA N 3 Timang Gajah pada 12 Februari 2020. "Kami ingin siswa siswi SMA N 3 Timang Gajah bisa menulis,dan berkarya. Lantaran sekarang ini banyak sekali siswa maupun masyarakat Indonesia yang memakai sosial media, tetapi tidak bisa berkarya,". Ujar kepala sekolah SMA N 3 Timang Gajah. Oleh karena itu, ia mengundang DARMAWAN MASRI, selaku pemimpin redaksi dari forum Lintasgayo.co
Kepsek SMAN 3 Timang Gajah (Ikhsan Purnama, S.P) saat memberikan pengarahan kepada pengurus OSIS |
Di pelatihan Jurnalistik ini, siswa diajarkan tentang penyajian data jurnalistik, rumus mendapatkan berita, dan lain sebagainya. Kemudian, kepala sekolah diminta untuk menjadi narasumber dari suatu data berita. Lalu, siswa diperintahkan untuk menyusun data yang telah diucapkan oleh narasumber lalu menyusunnya menjadi suatu berita.
![]() |
Darmawan Masri (Pimpinan Redaksi Lintas Gayo) memberikan materi kepada pengurus OSIS Smantig |
Pada zaman milenial ini, banyak sekali berita hoax yang dishare ke sosial media seperti, Facebook, Twitter, Google, Instagram, YouTube, WhatsApp, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, pihak SMA N 3 Timang Gajah mengadakan kegiatan ini, agar siswanya dapat menulis dan memberikan berita yang sportif, menarik, publisitas, aktual serta terpercaya, serta diharapkan agar siswa siswi tidak ikut serta memviralkan berita berita hoax tetapi, memviralkan berita atau informasi yang terpercaya.
Pihak SMA N 3 Timang Gajah mendukung besar agar siswa siswi nya bisa berkarya untuk sekolah, Bangsa, dan Negara. Serta penyalahgunaan sosial media, khususnya di wilayah SMA N 3 Timang Gajah bisa dikurangi bahkan dimusnahkan. Meskipun demikian, kita sebagai pemilik akun sosial media, harus bijak dan bertanggung jawab, agar tidak terjadi pengiriman berita hoax dan penyalahgunaan sosial media kembali.
baca juga
Comments
Post a Comment